tips mengatasi hp android mulai lambat

tips mengatasi hp android mulai lambat

Hp berbasis Os android sekarang memang banyak digemari, Os yang di kembangkan oleh google ini memang memiliki banyak kelebihan di banding OS lain. hal ini dikarenakan OS android memiliki fitur yang mudah untuk kita atur sesuai kebutuhan kita, ditambah dengan mudahnya menginstall banyak aplikasi yang ada di play store atupun aplikasi pihak ke tiga lainya. Akan tetapi OS android tetap ada kekuranganya contohnya di bawah ini...

Lima hari yang lalu saya mendapat keluhan dari adik saya, dia mengeluh bahwa hp androidnya mulai lambat dan sering hang, saya berpikir padahal spesifikasi hp android adik saya lumayan bagus prosesor Quad-qore 1.2 Ghz dengan 1GB RAM tetapi kenapa hp android mulai lambat. Nah kemudian saya lihat hp android adik saya.

Dan ternyata banyak file ataupun aplikasi yang berada di memory internal, nah kemudian saya pindah satu persatu file dan aplikasi tersebut ke memory eksternal ( SD Card) walaupun ada aplikasi yang tidak bisa dipindah, akan tetapi memindah aplikasi ke sd card bisa mengurangi beban kinerja android itu sendiri, juga uninstal aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan dan hapus file yang tidak berguna. serta matikan auto update aplikasi di play store, Update ini bisa terjadi setiap saat kapan saja tanpa kita tahu, seringkali hal ini membuat kinerja hp android kita melambat. 

Kemudian saya menuju ke tampilan home depan, dengan banyak widget yang ada di sana sangat berpengaruh dengan kinerja android ditambah lagi dengan sering menggunakan live wallpaper disamping bikin Boros Baterai, live wallpaper juga bisa mengurangi kapasitas kinerja RAM. Nah kemudian saya hapus widget2 yang tidak diperlukan. 

Lalu saya install aplikasi clean master, aplikasi ini berguna untuk menghapus junk file, cache junk, file yang rusak, juga bisa mendeteksi file2 besar yang mungkin bisa membebani kinerja android. didalam clean master ada fitur phone boost dimana fitur ini bisa merefresh RAM atau menutup aplikasi yang masih bekerja di background walaupun apkikasi itu sudah kita tutup.

yang terakhir saya melakukan restart pada android itu, sebetulnya melakukan restart pada android sangat penting karena kinerja hp android akan refresh atau segar kembali dan yang pastinya tidak akan lambat atau hang juga. Nah apabila hp android kalian masih lambat, solusi terakhir adalah factory reset atau reset pabrik. reset pabrik membuat android kita seperti baru lagi keluar dari pabrik, tapi semua data ataupun aplikasi kita yang ada di hp android akan hilang semua..kalau kalian ingin factory reset sebaiknya data2 anda di backup dulu.

Alhamdulillah setelah saya melakukan tips-tips di atas hp android adik saya sudah tidak lambat lagi, ternyata walaupun hp android dengan Prosesor Quad-qore 1.2Ghz dengan 1Gb RAM bila kita banyak install aplikasi yang tidak perlu dan jarang bersih2 junk file tetep lambat juga ya..hehehe

Yang penting :

1. Pindah aplikasi atau file2 besar di memory eksternal supaya memory internal tidak penuh .
2. Hapus widget yang tidak perlu, hapus aplikasi yang tidak berguna
3. Kurangi penggunaan live wallpaper
4. Matikan auto update aplikasi
5. Hapus junk file,cache junk dan file2 yang corupt atau rusak dengan aplikasi pembersih yang banyak tersedia di playstore
6. Sering restart hp android paling tidak sehari sekali
7. Terakhir factory data reset bila diperlukan

Nah itulah sedikit tips mengatasi hp android mulai lambat semoga bermanfaat.

Baca juga :



Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
18 Februari 2015 pukul 11.14 ×

waaaah sangat berguna terimakasih infonya

www.tipsdewa.com

Reply
avatar
Thanks for your comment