6 Tips membeli hp bekas

6 Tips membeli hp bekas


Pengen beli hp baru tapi uangnya belum cukup? Nunggu uangnya cukup dulu aja, aahh kelamaan nanti keburu hpnya udah gak jaman alias jadul..hehe..ya udah beli aja hp bekas/second, tapi takut nanti cepet rusak atau gak ada garansi bila terjadi kerusakan??? Ya..memang kalau membeli hp bekas kita harus jeli dan teliti agar kita tidak menyesal bila dapat hp yang tidak bagus. kadang ada juga si penjual yang tidak jujur menjual hp yang ada kerusakanya tetapi tidak memberitahu kepada si calon pembeli. Nah berikut ini ada sedikit 6 Tips membeli hp bekas untuk menghindari hal semacam itu.

1. Cek kondisi fisik hp 

Kita bisa melihat dan meneliti beberapa kondisi hp yang akan kita beli seperti :
- casing hp pecah atau tidak, dan masih layak digunakan
- keypad apakah semua masih berfungsi dengan baik
- Layar/LCD masih bagus, tidak pecah atau malah banyak dead pixel
- speaker, mic dan getar apakah masih berfungsi semua
Apabila semuanya masih bekerja secara normal, maka HP tersebut masih layak untuk dibeli.

2. cek sinyal hp

Kadang hal ini sepele dan sering dilupakan sewaktu akan membeli hp, padahal sinyal adalah faktor utama dari sebuah ponsel, percuma beli hp tp sinyal jelek atau malah gak konek sama sekali..rugi kan? maka wajib cek sinyal masih bagus atau tidak.

3. cek baterai hp

Cek baterai hp yang kalian akan beli, apakah sudah drop atau malah sudah gembung. Coba restart ulang hp yang akan dibeli, biasanya kalau baterai drop, setelah hidup notifikasi baterai di hp akan berkurang banyak.

4. cek kelengkapan bawaan hp

Cek kelengkapan hp yang akan dibeli sangat penting, percuma bila kita beli hp tidak ada kelengkapanya atau tidak komplit,  sama saja beli hp batangan. cek DosBox, charger, headset, kabel USB serta kelengkapan lainnya yang merupakan bawaan saat kondisi baru.

5. Cek nomor IMEI hp

Kalian dapat mengecek nomor IMEI pada hp yang akan dibeli dengan menekan *#06# kemudian akan muncul nomor IMEI dilayar hp tersebut dan cocokan nomor itu dengan label IMEI di bodi dalamnya. Hal ini untuk menunjukkan keaslian dari mainboard ponsel tersebut. Juga cocokan IMEI hp dengan nomor IMEI yang menempel di Dosbox kelengkapan hp tersebut.

6. harga hp

Apabila semua masih dalam kondisi baik dan ponsel masih bekerja dengan normal, maka kalian dapat membelinya dengan harga pasaran yang ada pada saat itu. Namun apabila salah satunya tidak terpenuhi atau terdapat kecacatan maka kalian dapat menawar dengan harga yag lebih rendah dari harga yang ditentukan atau kalian dapat mencari hp lainnya yang sesuai dengan keinginan kalian.

Baca juga ; 



Previous
Next Post »
Thanks for your comment