5 Alasan Kenapa Android kamu jadi Lemot kayak siput

Sistem Operasi terbaik di Dunia saat ini adalah android. Yah benar sekali OS android adaalah OS yang paling terfavorit, dan banyak digunakan oleh vendor- vendor smartphone di dunia guna menarik konsumen.


Namun tak berarti Android ini tanpa kelemahan, nyatanya semakin lama digunakan performa Smartphone ataupun Tablet Android akan lambat laun melemah atau lemot, ini pasti terjadi karena system sendiri selalu membuat junk file yang semakin lama akan memakan storage Android.

Nah, untuk mengatasi persoalaan ini, dibawah ini beberapa hal yang bikin Android lemot dan cara mengatasinya :

1. Sisa ruang penyimpanan sedikit atau hampir habis

Sisa ruang penyimpanan atau internal storage sedikit, ini penyebab seringnya Android jadi lemot, cek sisa storage kamu di setting >> storage. Idealnya sih ada sisa lebih dari 20% storage supaya android kamu gak lemot.

Nah jika ini terjadi  kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

. Uninstall aplikasi yang gak perlu
. Hapus cache data dan junk file lainnya, bisa menggunakan aplikasi semacam " Clean Master " atau aplikasi lain semacam di playsore.
. backup dikomputer file-file berukuran besar di hapemu semacam foto, musik dan lain-lain.

2.  Penggunaan Widget secara Berlebih

Widget memang menarik tp Kebanyakan widget akan benar-benar menyiksa performa Android kamu apalagi jika kamu menggunakan 3rd party launcher, tentu saja itu sangat mempengaruhi RAM, apalagi jika lebih dari 3 widget terpasang.

3.  Penggunaan Animation Setting yang salah

Masing-masing 3rd party Android Launcher memiliki setting animation sendiri-sendiri, Bisa jadi performa tidak maksimal di Androidmu disebabkan karena settingan Android belum sesuai dengan settingan dari Launcher yang kamu pakai.

Kamu bisa masuk ke setting kemudian developer option, untuk menyesuaikan dengan Launcher yang kamu pakai, kamu bisa mencari dulu referensinya di Google, memang sedikit repot tapi hal ini sangat berpengaruh.

4.  Terlalu banyak aplikasi backround yang berakibat RAM jadi mepet


aplikasi background terlalu banyak disebablan oleh banyaknya aplikasi yang diinstal di android kamu, RAM Android pun tidak akan lega lagi, konsekuensinya Android jadi lemot.

Solusinya adalah dengan clear memori pada setting atau menggunakan aplikasi semacam Clean Master..sering -sering kita clear memory supaya kinerja android tidak lemot.

5.  ponsel Android kamu jarang lama tidak di Restart


Nah ini cara yang paling simpel, Banyaknya error system dari Android maupun aplikasi-aplikasinya bisa dibenarkan dengan cara yang mudah, yaitu Restart andoroid kamu..setidaknya itu bisa menolong android kamu dari lemot.

Nah itulah 5 alasan dan juga tips mengatasi Android yang terasa lemot, bisa dicoba dengan cara diatas, tapi kalau android temen - temen masih lemot...bisa ganti android kamu dengan spec yang lebih tinggi karena itu sangat berpebgaruh juga..hehehe

Previous
Next Post »
Thanks for your comment