Cara Hapus tuntas data sebelum ponsel dijual

factory data reset

Apakah Factory reset ataupun flashing ulang diandroid bisa menghapus tuntas file sebelumnya? bukan hal yang aneh kalau data maupun foto bisa ditarik kembali setelah memory card handphone maupun memory internal sudah diformat ulang.

bahkan hardisk yang rusak ataupun terformat masih bisa diambil datanya dengan banyak aplikasi khusus semacam rescue data disk ataupun yang lainya.

jadi jika temen-temen takut data masih tersimpan di ponsel android, yang perlu dilakukan adalah sebelum mem factory reset atau mem format ponsel kita meng encrypt storage memorynya terlebih dahulu.

untuk meng encrypt storage sudah ada disetiap bawaan ponsel android, beberapa ada di menu, setting dan beberapa ada di setting, storage.

disana kita akan bertemu dengan menu storage encryption atau encrypt SD card content, kalau kita aktifkan menu ini maka kita akan di minta membuat pin atau password untuk bisa meng akses data storage kita.

Nah..setelah di encrypt, baru kita lakukan factory reset, bekas data didalamnya akan terhapus tuntas, jika temen -temen masih takut lagi, lakukan langkah diatas kemudian lakukan factory reset dan diisi phone storagenya sampai penuh dengan file yang baru, otomatis file baru akan menutup data yang lama dan akan sulit untuk ditemukan kembali.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment