Cara ngeCARGER smartphone dengan baik dan benar

Ngecarger atau ngecas smartphone  itu mudah, tinggal colok doank...tapi kalau diperhatikan Ternyata cara kita ngecas atau mengisi ulang baterai smartphone dapat mempengaruhi umur baterai. Seperti apa cara yang baik dan benar supaya baterai smartphone kita awet dan tidak cepat drop??

Ilustrasi
Tidak hanya untuk melakukan dan menerima panggilan telepon dan SMS saja, smartphone juga bisa digunakan untuk membantu mengerjakan banyak hal, seperti chatting, browsing, main game, foto, video , nonton film atupun buat mp3 yang kadang bisa berjam jam.

Nah berbagai aktifitas diatas bisa mpengaruhi umur ataupun ketahanan baterai juga cara kita ngcarger smartphonepun bisa aangat berpengaruh,...nah berikut ini ada beberapa cara ngecas smartphone yang baik dan benar agar baterai perangkat tersebut bisa berumur panjang:

1. Langsung ke soket listrik 

Menghubungkan baterai dengan charger melalui soket listrik adalah cara yang paling direkomendasikan. 

Metode menghubungkan charger dengan soket listrik juga lebih cepat dan aman ketimbang menghubungkan smartphone dengan komputer atau laptop menggunakan kabel data/USB, ataupun memakai powerbank yang menghasilkan panas tidak teratur dan tidak baik untuk baterai.

2. Jangan biarkan baterai habis total 

Smartphone di era moderen saat ini sudah menggunakan baterai berbahan lithium-ion, yang cara perawatannya pun juga berbeda dari baterai bahan nikel.

Baterai smartphone sebaiknya dijaga agar daya yang disimpan di dalamnya tetap di atas 50% atau minimal 20%.

Jangan biarkan baterai habis terlebih dahulu sebelum Anda charge kembali, hal itu benar tapi itu hanya untuk baterai dengan bahan nikel yang saat ini sudah mulai ditinggalkan, sehingga saran di atas sudah tidak relevan lagi.

Sesekali daya baterai juga perlu 'dikuras' hingga habis, misalnya sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi.

3. Hindari tempat yang panas 

Hindarkan smartphone dari tempat-tempat yang panas, seperti di dashboard mobil di bawah kaca depan mobil, meski dalam keadaan mati sekali pun. Karena panas yang terpapar bisa merusak umur dan ketahanan baterai

4. Jangan ngecas semalaman

Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger semalaman sambil ditinggal tidur juga ternyata tidak baik.

Meskipun beberapa charger bisa memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100%, membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi terisi penuh juga tidak baik, baterai akan Cepat panas dan menggembung.

Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik untuk 'kesehatan' baterai, ketimbang dibiarkan dalam kondisi habis total atau 100% secara terus-menerus.

Semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment