ini penyebab smartphone kamu sering panas

ini penyebab smartphone kamu sering panas

Bersenanglah bila kalian menggunakan ponsel yang jadul ataupun ponsel cuman bisa dipakai untuk telepon atau sms saja misalnya seperti nokia 1100 karena ponsel semacam itu tidak akan mengalami panas berlebih karena tidak memiliki sistem operasi dan hanya menggunakan hardware seadanya. Namun diera sekarng ini sudah berkembang dengan adanya smartphone yang memiliki banyak keunggulan dan sudah menggunakan OS, prosesor, grafik juga memory RAM. dan di jaman smartphone seperti saat ini, masalah panas rasanya menjadi hal yang lumrah namun cukup mengganggu. Mau tahu apa saja komponen yang menjadi penyebab panas pada smartphone?

1. Chipset Prosesor

Smartphone pasti memiliki chipset prosesor di dalamnya. Prinsipnya, perangkat apapun yang menggunakan prosesor pasti akan menghasilkan hawa panas. Hal ini adalah hal yang lumrah dan sudah menjadi karakteristik dari prosesor. Pasalnya, apapun kegiatan yang dilakukan menggunakan smartphone, semuanya mengandalkan prosesor.
Semakin tinggi kerja prosesor, semakin besar kemungkinannya menghasilkan panas berlebih. Jenis aplikasi yang bisa menimbulkan hawa panas pada prosesor yakni ketika menjalankan game dengan grafis kompleks dan menonton video dengan resolusi tinggi.

2. GPS

Modul GPS di dalam smartphone juga kerap menjadi penyumbang hawa panas. Pasalnya, GPS tersebut harus terus berinteraksi dengan satelit di langit tanpa terputus dan terus bertukar informasi agar dapat menunjukkan jalan secara update. Jadi, ketika kamu mengaktifkan aplikasi yang membutuhkan kerja GPS seperti Google Maps, Apple Maps, Waze, dan sejenisnya, smartphone akan terasa cepat panas. Hal ini wajar terjadi.

3. Baterai

Komponen ini sudah tidak perlu diragukan lagi fungsinya sebagai penyumbang panas di smartphone. Baterai berisi bahan-bahan kimia di dalamnya yang dapat bereaksi mengeluarkan panas dan bahkan bisa meledak. Jadi, kegiatan apapun yang dilakukan secara terus menerus alias non-stop akan menguras stamina baterai. Contohnya ketika kamu browsing atau streaming video online dalam durasi lebih dari setengah jam. Hal ini secara tak langsung juga membuat smartphone cepat panas.

4. Kamera

Kamera merupakan komponen yang cukup kompleks. Smartphone kelas atas biasanya memiliki kamera yang berkualitas yang memiliki prosesor tersendiri di dalam modul kameranya. Dengan begitu, kamera dapat menjalankan fungsinya dengan responsif serta memiliki banyak fitur. Ketika digunakan untuk memotret atau merekam video dalam waktu lama, kamera yang canggih justru akan lebih cepat panas dari kamera pada smartphone biasa. (Jalantikus)

Baca juga :




Previous
Next Post »
Thanks for your comment