Quota internet kalian cepet habis? Mungkin ini penyebabnya...

Quota internet kalian cepet habis? Mungkin ini penyebabnya...

Dijaman jaman sekarang kebutuhan internet sangatlah penting..untuk browsing, chating maupun video call semua itu membutuhkan koneksi internet. Tapi yang paling ditakutkan ketika quota internet habis. beda dibanding dengan yang menggunakan paket unlimited yang tanpa memikirkan quota hehe..akan tetapi kalau sudah melebihi bandwith tetap saja kecepatan akan berkurang. dengan banyaknya operator menyuguhkan berbagai macam paket quota internet yang murah, menyebabkan paket quota banyak pemakainya. seringkali pengguna quota internet lalai atau saking asiknya menggunakan gadget, lupa bila quota internet telah habis..Agar kuota internet kamu tidak cepat habis, ada baiknya kamu mengetahui aktivitas online apa saja yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Untuk itu, berikut lima hal yang menyebabkan kuota internet cepat habis:

1. Streaming musik

Mendengarkan musik lewat streaming seperti menggunakan layanan streaming musik Rdio atau Guvera memng sangat simple dan praktis, Anda dapat mendengarkan lagu kesukaan dimanapun berada asalkan ada koneksi internet. Sisi baiknya lagi Anda tidak perlu menyimpan banyak lagu favorit dalam kartu memori. Namun pada sisi lain, streaming musik juga menjadi salah satu penyebab kuota internet cepat habis. Memutar musik dengan resolusi 320 Kbps akan menghabiskan kuota internet hingga 2,4 MB per menit. Jika dihitung contoh Anda mendengarkan musik dengan streaming selama satu jam, maka akan meghabiskan kuota internet 114 MB.


2. Streaming video

Streaming video di YouTube ataupun di web penyedia layanan video streaming lainnya seperti iTunes dan Vimeo, hal ini merupakan "penyedot" paling besar terhadap kuota internet. Dalam satu menit saja, streaming video bisa menghabiskan kuota hingga 50 MB. Padahal untuk menonton video klip lagu hingga habis biasanya berdurasi 4 - 5 menit.

3. Video call

Video call menggunakan Skype, WeChat, atau aplikasi lainnya akan menghabiskan kuota internet cukup besar. Namun besaran konsumsi bandwidth tersebut berbeda-beda, tergantung dari aplikasi dan resolusi video yang dipakai. Untuk melakukan video call atau obrolan menggunakan video umumnya menghabiskan kuota sekitar 3 MB per menit.

4. upload video ke youtube

Upload video ke YouTube tentu saja akan memakan banyak kuota internet. Namun, besar dan kecilnya kuota yang terpakai tergantung dari ukuran file video yang di-upload. Selain itu, beberapa pengaturan upload juga bisa mempengaruhi besar kuota internet yang dihabiskan. Untuk upload video kualitas high-definition (HD) bisa saja menghabiskan kuota internet hingga 200 MB/menit.

5. Game online

Bermain game memang sangat menyenagkan apalagi jika ada lawan main seperti game online, bisa sampai lupa waktu. Game online yang banyak memakan kuota adalah jenis game real-action seperti game Asphalt 8 atau game Modern Combat 5:Blackout. Dua game tersebut diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam waktu yang lebih lama juga akan membuat konsumsi data semakin meningkat.

Baca juga : 




Previous
Next Post »
Thanks for your comment