kegunaan dan manfaat usb on to go

kegunaan dan manfaat usb on to go

USB OTG (universal serial bus on the go) adalah  sebuah spesifikasi dari perangkat USB seperti pemutar audio digital atau smartphone, yang memungkinkan perangkat USB lainnya (USB flash drive/flashdisk, kamera digital, mouse, atau keyboard) untuk dapat terhubung terhadapnya. Fitur ini biasanya dipergunakan untuk mempermudah  pengguna dalam mentransfer data dari smartphone dari atau ke perangkat lain via kabel USB OTG.

Bagi smartphone yang tidak memiliki fitur ini tentu saja masih bisa melakukan transfer data dari atau ke laptop/notebook menggunakan kabel data. Dan terkadang membutuhkan software PC suite. Bedanya, jika support USB OTG akses transfer data ini bisa langsung dilakukan dari ponsel-flashdisk (atau lainnya) tanpa bantuan perangkat komputer/PC (lebih praktis).

Fitur USB On The Go (OTG) sejatinya merupakan perpaduan antara hardware dan software, yang tersedia di smartphone. Fitur ini memungkinkan smartphone untuk dapat membaca  atau mendeteksi perangkat eksternal seperti flashdisk, dan lainnya. Jadi ini bukan merupakan aplikasi.

Tidak semua smartphone mendukung fitur USB OTG. Alhasil bagi yang mendukungnya ini merupakan 'anugrah' yang sangat baik, khususnya bagi pengguna smartphone yang biasa menyimpan data/file pribadi di ponsel. Jadi, tak usah lagi copot-sambung via perangkat komputer PC untuk sekadar memindahkan data-data yang ada di dalam smartphone-nya.

Jadi, fitur USB OTG ini cukup penting untuk saat ini. Namun bukan lah sebuah fitur yang wajib dimiliki oleh smartphone, mengingat tak semua pengguna juga 'membutuhkan' fitur ini. (tabloidpulsa)

Baca juga :

-  CARA MENGATASI SMARTPHONE SERING RESTART SENDIRI
-  TIPS CARA MUDAH MENGIRIM SMS GRATIS KE SEMUA OPERATOR DAN KE SEMUA TIPE HANDPHONE DARI ANDROID


Previous
Next Post »
Thanks for your comment