5 Tips Belanja Online Yang Aman dan Nyaman

5 Tips Belanja Online Yang Aman dan Nyaman


Di jaman modern sekarang, trend Belanja Online semakin booming dan meningkat pesat, banyaknya toko online memudahkan kita untuk membeli suatu barang yang kita inginkan. Kita tinggal klik sana klik sini di gadget ataupun di PC, transaksi deal barang dikirim.

Akan tetapi semakin diminati transaksi online, semakin banyak juga penjahat online yang menjamur. Banyak toko online yang tidak bertanggung jawab, transaksi deal, sudah transfer uang tapi barang tak kunjung datang.

Karena itu kita harus jeli dalam memilah situs belanja yang terpercaya dan memastikan bahwa kamu telah memilih toko online yang tepat untuk berbelanja barang kebutuhan. berikut ini 5 tips Belanja Online Yang Aman dan Nyaman.

1. Jangan mudah percaya dengan promo dan diskon yang dikirim melalui email atau pop up iklan 

Banyak penjahat cyber memanfaatkan momen pesta diskon ini dengan mengirimkan halaman palsu yang mengiming-imingi hadiah langsung melalui URL palsu yang dikirimkan melalui email. Biasanya mereka hanya ingin mengumpulkan data pribadi saja, sedangkan promo diskon itu sebenarnya tidak ada.

2. Cek dengan teliti situs belanja yang akan kamu gunakan 

Hanya situs belanja online yang terpercaya yang memberikan penawaran meyakinkan dan tidak menjebak pelanggannya. Selain harga yang ditawarkan sesuai dengan keaslian produknya, situs belanja besar tidak pernah memanfaatkan data pribadi pelanggan untuk disebar ke pihak lainnya.

3. Pemilihan sistem pembayaran 

Kamu bisa memilih metode pembayaran yang ditawarkan oleh situs belanja. Rata-rata situs belanja lokal sudah bisa memberikan pembayaran melalui kartu kredit dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang terpercaya. Tapi jika tidak, biasanya mereka juga menawarkan pembayaran melalui menu transfer via ATM.

4. Cek total harga belanja dan kondisi barang 

Cek kembali total harga yang diberikan setelah diskon, biasanya akan ada tambahan biaya untuk ongkos kirim atau beban biaya lainnya. Selain itu perhatikan juga adanya informasi, misal barang akan dikembalikan jika tidak sesuai dengan yang dipesan atau ditukar jika terjadi kerusakan saat pengiriman.

5. Simpan bukti transaksi belanja 

Karena kamu berbelanja secara online, maka menyimpan bukti transaksi pembelian sangat penting. Bukti transaksi transfer melalui ATM ataupun Kartu kredit sangat penting.


Itulah 5 Tips Belanja Online Yang Aman Dan Nyaman semoga bisa berguna buat kalian...dan ingat selalu hati-hati kareNa cyber crime banyak trik untuk mengelabuhi konsumen.

Baca juga :

INI 5 APLIKASI YANG TERBUKTI BIKIN BOROS BATERAI ANDROID
CARA MENAMPILKAN DAN MENGETAHUI KECEPATAN KONEKSI INTERNET DI ANDROID
Previous
Next Post »
Thanks for your comment